Setelah kita mempelajari dan memahami tafsir atau kandungan ayat-ayat sebelumnya dari surat ini , Sekarang saatnya kita mempelajari kandungan atau tafsir dari ayat-ayat berikut ini
Ayat 130-136: Musibah dapat melunakkan hati, nikmat Allah kepada Bani Israil dan dibalasnya nikmat itu dengan sikap kufur
وَلَقَدْ
أَخَذْنَا آلَ فِرْعَوْنَ بِالسِّنِينَ وَنَقْصٍ مِنَ الثَّمَرَاتِ
لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ (١٣٠) فَإِذَا جَاءَتْهُمُ الْحَسَنَةُ قَالُوا
لَنَا هَذِهِ وَإِنْ تُصِبْهُمْ سَيِّئَةٌ يَطَّيَّرُوا بِمُوسَى وَمَنْ
مَعَهُ أَلا إِنَّمَا طَائِرُهُمْ عِنْدَ اللَّهِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَهُمْ
لا يَعْلَمُونَ (١٣١) وَقَالُوا مَهْمَا تَأْتِنَا بِهِ مِنْ آيَةٍ
لِتَسْحَرَنَا بِهَا فَمَا نَحْنُ لَكَ بِمُؤْمِنِينَ (١٣٢) فَأَرْسَلْنَا
عَلَيْهِمُ الطُّوفَانَ وَالْجَرَادَ وَالْقُمَّلَ وَالضَّفَادِعَ
وَالدَّمَ آيَاتٍ مُفَصَّلاتٍ فَاسْتَكْبَرُوا وَكَانُوا قَوْمًا
مُجْرِمِينَ (١٣٣) وَلَمَّا وَقَعَ عَلَيْهِمُ الرِّجْزُ قَالُوا يَا
مُوسَى ادْعُ لَنَا رَبَّكَ بِمَا عَهِدَ عِنْدَكَ لَئِنْ كَشَفْتَ عَنَّا
الرِّجْزَ لَنُؤْمِنَنَّ لَكَ وَلَنُرْسِلَنَّ مَعَكَ بَنِي
إِسْرَائِيلَ (١٣٤) فَلَمَّا كَشَفْنَا عَنْهُمُ الرِّجْزَ إِلَى
أَجَلٍ هُمْ بَالِغُوهُ إِذَا هُمْ يَنْكُثُونَ (١٣٥) فَانْتَقَمْنَا
مِنْهُمْ فَأَغْرَقْنَاهُمْ فِي الْيَمِّ بِأَنَّهُمْ كَذَّبُوا
بِآيَاتِنَا وَكَانُوا عَنْهَا غَافِلِينَ (١٣٦
Terjemah Surat Al A’raaf Ayat 130-136
130.
Dan Sungguh, Kami telah menghukum (Fir'aun dan) kaumnya dengan
(mendatangkan musim kemarau) bertahun-tahun dan kekurangan buah-buahan,
agar mereka mengambil pelajaran[1].
131. Kemudian apabila kebaikan (kemakmuran) datang kepada mereka, mereka berkata, "Ini adalah karena (usaha) kami[2].”
Dan jika mereka ditimpa kesusahan, mereka lemparkan sebab kesialan itu
kepada Musa dan pengikutnya. Ketahuilah, sesungguhnya nasib mereka di
tangan Allah[3], namun kebanyakan mereka tidak mengetahui[4].
132.
Dan mereka berkata (kepada Musa), "Bukti apa pun yang engkau bawa
kepada kami untuk menyihir kami, kami tidak akan beriman kepadamu.”
133. Maka Kami kirimkan kepada mereka topan (banjir besar), belalang[5], kutu[6], katak[7] dan darah[8] sebagai bukti-bukti yang jelas[9], tetapi mereka tetap menyombongkan diri[10] dan mereka sebelumnya juga kaum yang berdosa[11].
134. Dan ketika mereka ditimpa azab (yang telah diterangkan itu)[12] mereka pun berkata, "Wahai Musa! Mohonkanlah untuk kami kepada Tuhamnu sesuai dengan janji-Nya kepadamu[13].
Jika engkau dapat menghilangkan azab itu dari kami, niscaya kami akan
beriman kepadamu dan pasti akan kami biarkan Bani Israil pergi
bersamamu.”
135. Tetapi setelah Kami hilangkan azab itu[14] dari mereka hingga batas waktu yang harus mereka penuhi ternyata mereka ingkar janji[15].
136. Maka Kami hukum sebagian di antara mereka[16], lalu Kami tenggelamkan mereka di laut karena mereka telah mendustakan ayat-ayat Kami dan melalaikan ayat-ayat kami[17].
Ayat 137: Pewarisan bumi untuk hamba-hamba Allah yang saleh dan dibinasakannya orang-orang yang kafir
وَأَوْرَثْنَا
الْقَوْمَ الَّذِينَ كَانُوا يُسْتَضْعَفُونَ مَشَارِقَ الأرْضِ
وَمَغَارِبَهَا الَّتِي بَارَكْنَا فِيهَا وَتَمَّتْ كَلِمَةُ رَبِّكَ
الْحُسْنَى عَلَى بَنِي إِسْرَائِيلَ بِمَا صَبَرُوا وَدَمَّرْنَا مَا
كَانَ يَصْنَعُ فِرْعَوْنُ وَقَوْمُهُ وَمَا كَانُوا يَعْرِشُونَ (١٣٧
Terjemah Surat Al A’raaf Ayat 137
137. Dan Kami wariskan kepada kaum yang tertindas itu[18], bumi bagian timur dan bagian baratnya[19] yang telah Kami berkahi. Dan telah sempurnalah firman Tuhanmu yang baik itu[20] (sebagai janji) untuk Bani Israil disebabkan kesabaran mereka[21]. Dan Kami hancurkan apa yang telah dibuat Fir'aun dan kaumnya dan apa yang telah mereka bangun[22].
Ayat 138-141: Nikmat Allah kepada Bani Israil dan ditenggelamkan-Nya Fir’aun dan bala tentaranya
وَجَاوَزْنَا
بِبَنِي إِسْرَائِيلَ الْبَحْرَ فَأَتَوْا عَلَى قَوْمٍ يَعْكُفُونَ عَلَى
أَصْنَامٍ لَهُمْ قَالُوا يَا مُوسَى اجْعَلْ لَنَا إِلَهًا كَمَا لَهُمْ
آلِهَةٌ قَالَ إِنَّكُمْ قَوْمٌ تَجْهَلُونَ (١٣٨) إِنَّ هَؤُلاءِ
مُتَبَّرٌ مَا هُمْ فِيهِ وَبَاطِلٌ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ (١٣٩) قَالَ
أَغَيْرَ اللَّهِ أَبْغِيكُمْ إِلَهًا وَهُوَ فَضَّلَكُمْ عَلَى
الْعَالَمِينَ (١٤٠) وَإِذْ أَنْجَيْنَاكُمْ مِنْ آلِ فِرْعَوْنَ
يَسُومُونَكُمْ سُوءَ الْعَذَابِ يُقَتِّلُونَ أَبْنَاءَكُمْ
وَيَسْتَحْيُونَ نِسَاءَكُمْ وَفِي ذَلِكُمْ بَلاءٌ مِنْ رَبِّكُمْ عَظِيمٌ
(١٤١
Terjemah Surat Al A’raaf Ayat 138-141
138. Dan Kami selamatkan Bani Israil menyeberangi laut itu[23]
(bagian utara dari Laut Merah). Ketika mereka sampai kepada suatu kaum
yang tetap menyembah berhala mereka, mereka (Bani lsrail) berkata,
"Wahai Musa! Buatlah untuk kami sebuah tuhan (berhala) sebagaimana
mereka mempunyai beberapa tuhan (berhala).” Musa menjawab, "Sungguh,
kamu orang-orang yang bodoh[24].”
139. Sesungguhnya mereka akan dihancurkan oleh kepercayaan yang dianutnya[25] dan akan sia-sia apa yang telah mereka kerjakan.
140. Dia (Musa) berkata, "Pantaskah aku mencari tuhan untukmu selain Allah[26], padahal Dia yang telah melebihkan kamu atas segala umat (pada masa itu)[27].”
141.
Dan (ingatlah wahai Bani Israil) ketika Kami menyelamatkan kamu dari
(Fir'aun) dan kaumnya, yang menyiksa kamu dengan siksaan yang sangat
berat, mereka membunuh anak-anak laki-lakimu dan membiarkan hidup
anak-anak perempuanmu. Pada yang demikian itu merupakan cobaan[28] yang besar dari Tuhanmu[29].
Ayat
142-143: Allah Subhaanahu wa Ta'aala mengajak berbicara Nabi Musa
‘alaihis salam, dan pentingnya tobat, istighfar dan kembali kepada Allah
Subhaanahu wa Ta'aala
وَوَاعَدْنَا
مُوسَى ثَلاثِينَ لَيْلَةً وَأَتْمَمْنَاهَا بِعَشْرٍ فَتَمَّ مِيقَاتُ
رَبِّهِ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً وَقَالَ مُوسَى لأخِيهِ هَارُونَ اخْلُفْنِي
فِي قَوْمِي وَأَصْلِحْ وَلا تَتَّبِعْ سَبِيلَ الْمُفْسِدِينَ (١٤٢)
وَلَمَّا جَاءَ مُوسَى لِمِيقَاتِنَا وَكَلَّمَهُ رَبُّهُ قَالَ رَبِّ
أَرِنِي أَنْظُرْ إِلَيْكَ قَالَ لَنْ تَرَانِي وَلَكِنِ انْظُرْ إِلَى
الْجَبَلِ فَإِنِ اسْتَقَرَّ مَكَانَهُ فَسَوْفَ تَرَانِي فَلَمَّا
تَجَلَّى رَبُّهُ لِلْجَبَلِ جَعَلَهُ دَكًّا وَخَرَّ مُوسَى صَعِقًا
فَلَمَّا أَفَاقَ قَالَ سُبْحَانَكَ تُبْتُ إِلَيْكَ وَأَنَا أَوَّلُ
الْمُؤْمِنِينَ (١٤٣
Terjemah Surat Al A’raaf Ayat 142-143
142.[30]
Dan Kami telah menjanjikan kepada Musa (memberikan Taurat) setelah
berlalu tiga puluh malam, dan Kami sempurnakan jumlah malam itu dengan
sepuluh (malam lagi), maka sempurnalah waktu yang telah ditentukan
Tuhannya empat puluh malam. Dan Musa berkata kepada saudaranya (yaitu)
Harun[31],
"Gantikanlah aku dalam (memimpin) kaumku, dan perbaikilah (dirimu dan
kaummu), dan janganlah engkau mengikuti jalan orang-orang yang berbuat
kerusakan[32].”
143.
Dan ketika Musa datang untuk (munajat) pada waktu yang telah Kami
tentukan dan Tuhan telah berfirman (langsung) kepadanya, (Musa) berkata,
"Ya Tuhanku, tampakkanlah (diri-Mu) kepadaku agar aku dapat melihat
Engkau.” (Allah) berfirman, "Kamu tidak akan sanggup melihat-Ku[33],
namun lihatlah ke gunung itu, jika ia tetap di tempatnya (seperti
sediakala) niscaya kamu dapat melihat-Ku.” Maka ketika Tuhannya
menampakkan diri kepada gunung itu, gunung itu hancur luluh dan Musa pun
jatuh pingsan. Setelah Musa sadar, dia berkata, "Mahasuci Engkau[34], aku bertobat kepada Engkau[35] dan aku adalah orang yang pertama-tama beriman.”
[1] Sehingga mereka beriman.
[2] Mereka tidak bersyukur kepada Allah.
[3] Dosa-dosa dan kekafiran merekalah yang menjadi sebab mereka ditimpa musibah itu.
[4] Sehingga mereka mengatakan seperti itu.
[5] Yang memakan tanaman dan buah-buahan mereka.
[6] Yang mengiringi belalang, menghabiskan buah-buahan mereka.
[7] Yang memenuhi rumah mereka.
[8] Air minum mereka berubah menjadi darah.
[9] Bahwa apa yang dibawa Nabi Musa ‘alaihis salam adalah benar.
[10] Tidak mau beriman.
[11] Oleh karena itu, Allah membiarkan mereka di atas kesesatan.
[12]
Ada yang menafsirkan penyakit tha’un, dan ada pula yang menafsirkan
dengan azab yang disebutkan sebelumnya itu, yaitu topan, belalang, kutu,
katak, dan darah. Ketika mereka ditimpa masing-masing musibah, mereka
mengeluh kepada Nabi Musa ‘alaihis salam.
[13] Yakni akan dihilangkan azab itu jika mereka beriman.
[14] Dengan doa Nabi Musa ‘alaihis salam.
[15]
Janji mereka adalah akan beriman kepada Musa ‘alaihis salam dan akan
melepaskan Bani Israil, namun mereka tidak menepatinya. Mereka tetap
kafir kepada Nabi Musa ‘alaihis salam dan tetap menindas Bani Israil.
[16]
Yakni ketika tiba waktu untuk menghukum mereka. Allah memerintahkan
Musa alaihis salam membawa pergi Bani Israil di malam hari dan
memberitahukan bahwa Fir’aun dan tentaranya akan menyusul mereka.
Kemudian Fir’aun mengirimkan orang ke kota-kota untuk mengumpulkan bala
tentaranya mengejar Bani Israil. Fir’aun berkata, “Sesungguhnya
mereka (Bani Israil) hanya sekelompok kecil. Sesungguhnya mereka telah
membuat kita marah. Kita semua harus selalu waspada.” Maka keluarlah
Fir’aun dan tentaranya dari taman-taman dan mata air, dari harta
kekayaan dan kedudukan mulia. Dan Allah mewariskannya kepada Bani
Israil. Lalu Fir’aun dan bala tentaranya dapat menyusul mereka pada
waktu matahari terbit. Maka ketika kedua golongan itu saling melihat,
berkatalah pengikut-pengikut Musa, “Kita benar-benar akan tersusul.”
Musa menjawab, “Sekali-kali tidak. Sesungguhnya Tuhanku bersamaku, Dia akan memberi petunjuk kepadaku.” Lalu Allah mewahyukan kepada Musa, “Pukulah laut itu dengan tongkatmu.”
Maka terbelahlah lautan itu, dan setiap belahan seperti gunung yang
besar. Di sanalah Allah mendekatkan golongan yang lain (Fir’aun dan
tentaranya), Allah menyelamatkan Musa dan orang-orang yang bersamanya,
dan menenggelamkan golongan yang lain itu (Fir’aun dan tentaranya).
Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat suatu tanda (kekuasaan)
Allah, tetapi kebanyakan mereka tidak beriman, dan sesungguhnya Tuhanmu
Dialah Yang Mahaperkasa lagi Maha Penyayang.” (Lihat Surah Asy
Syu’araa’: 53-68)
[17] Maksudnya tidak mau mentadabburi ayat-ayat Kami.
[18] Mereka adalah Bani Israil, di mana sebelumnya mereka diperbudak.
[19]
Maksudnya negeri Syam, Mesir dan negeri-negeri sekitar keduanya yang
pernah dikuasai Fir'aun dahulu. Setelah kerajaan Fir'aun runtuh,
negeri-negeri itu diwarisi oleh Bani Israil.
[20] Yaitu firman-Nya di Surah Al Qashash ayat 5, “Dan
Kami hendak memberi karunia kepada orang-orang yang tertindas di bumi
(Mesir) itu dan hendak menjadikan mereka pemimpin dan menjadikan mereka
orang-orang yang mewarisi (bumi).”
[21] Terhadap gangguan musuh mereka.
[22]
Yang dimaksud dengan bangunan-bangunan Fir'aun yang dihancurkan oleh
Allah adalah bangunan-bangunan yang didirikan mereka dengan menindas
Bani Israil, seperti kota Ramses; menara yang diperintahkan Hamaan untuk
didirikan dan sebagainya.
[23] Maksudnya bagian utara dari laut Merah.
[24]
Kebodohan apa yang melebihi kebodohan seseorang sampai tidak mengenal
Tuhannya dan Penciptanya serta berkeinginan untuk menyamakan yang lain
dengan-Nya, padahal yang lain itu tidak berkuasa memberi manfaat dan
menghindarkan bahaya, serta tidak berkuasa menghidupkan, mematikan dan
membangkitkan.
[25]
Karena doa mereka kepadanya adalah batil (sia-sia), berhala-berhal itu
juga batil, sehingga amal mereka batil dan buah(hasil)nya juga batil
(sia-sia).
[26] Tuhan yang sempurna zat-Nya, sifat-Nya dan perbuatan-Nya.
[27] Yang seharusnya membuat kamu bersyukur dengan hanya beribadah kepada-Nya dan meniadakan sesembahan selain-Nya.
[28]
Balaa’ bisa berarti cobaan, dan bisa berarti nikmat. Sebagai cobaan
adalah ketika mereka ditimpakan siksa yang berat, berupa dibunuhnya anak
laki-laki mereka dan dibiarkan hidup anak perempuannya, sedangkan
sebagai nikmat adalah ketika Allah menyelamatkan mereka dari kekejamaan
itu.
[29] Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran daripadanya sehingga kamu tidak meminta hal itu (dibuatkan berhala).
[30]
Ketika Alah telah menyempurnakan nikmat-Nya kepada mereka dengan
menyelamatkan mereka dari Fir’aun dan bala tentaranya, memberi mereka
tempat di bumi, Allah ingin menyempurnakan lagi nikmat-Nya kepada
mereka, yaitu dengan menurunkan kitab yang mengandung hukum-hukum syar’i
dan ‘aqidah yang diridhai, maka Allah Ta’ala menjanjikan Musa untuk
memberikan kitab itu setelah berlalu tiga puluh hari, dan ditambah lagi
sepuluh hari sehingga jumlahnya empat puluh hari agar Nabi Musa ‘alaihis
salam bersiap-siap terhadap janji itu.
[31] Ketika Musa hendak pergi ke bukit untuk bermunajat kepada Allah.
[32] Dengan menyepakati mereka berbuat maksiat.
[33]
Karena Allah Subhaanahu wa Ta'aala menciptakan manusia di dunia ini
dalam keadaan tidak memiliki kesanggupan untuk melihat-Nya. Jangankan
manusia, gunung yang kuat saja tidak sangup. Namun dalam ayat ini
tidaklah menunjukkan bahwa mereka sama sekali tidak akan melihat-Nya di
surga, karena nash-nash Al Qur’an dan As Sunnah menunjukkan bahwa
penghuni surga akan melihat Tuhan mereka dan merasa nikmat dengannya. Di
surga, Allah menciptakan mereka dalam keadaan yang sempurna yang
membuat mereka sanggup melihat Allah.
[34] Dari semua yang tidak layak dengan keagungan-Mu.
[35] Dari semua dosa dan kurang adab terhadap-Mu.
Sumber dan referensi :
1. http://www.tafsir.web.id
Semoga bermanfaat apa yang admin tulis/bagikan ini . Jika ada kesalahan di post ini , silahkan memberitahu admin di kolom komentar di bawah ini . Terima Kasih
1. http://www.tafsir.web.id
Semoga bermanfaat apa yang admin tulis/bagikan ini . Jika ada kesalahan di post ini , silahkan memberitahu admin di kolom komentar di bawah ini . Terima Kasih
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon