Halo para sahabat mukminin wal mukminat , Saat ini kita telah mencapai Juz 9 dalam Al-Qur'an . Tetapi masih dalam surah Al-A'raaf. Masih ada setengah lebih pembahasan dari surah ini karena jumlah ayatnya adalah 206 :D . Setelah kita mempelajari dan memahami tafsir atau kandungan ayat-ayat sebelumnya dari surat ini , Sekarang saatnya kita mempelajari kandungan atau tafsir dari ayat-ayat berikut ini
Ayat 88-93: Kisah Nabi Syu’aib ‘alaihis salam
قَالَ
الْمَلأ الَّذِينَ اسْتَكْبَرُوا مِنْ قَوْمِهِ لَنُخْرِجَنَّكَ يَا
شُعَيْبُ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَكَ مِنْ قَرْيَتِنَا أَوْ لَتَعُودُنَّ
فِي مِلَّتِنَا قَالَ أَوَلَوْ كُنَّا كَارِهِينَ (٨٨) قَدِ افْتَرَيْنَا
عَلَى اللَّهِ كَذِبًا إِنْ عُدْنَا فِي مِلَّتِكُمْ بَعْدَ إِذْ نَجَّانَا
اللَّهُ مِنْهَا وَمَا يَكُونُ لَنَا أَنْ نَعُودَ فِيهَا إِلا أَنْ
يَشَاءَ اللَّهُ رَبُّنَا وَسِعَ رَبُّنَا كُلَّ شَيْءٍ عِلْمًا عَلَى
اللَّهِ تَوَكَّلْنَا رَبَّنَا افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا
بِالْحَقِّ وَأَنْتَ خَيْرُ الْفَاتِحِينَ (٨٩) وَقَالَ الْمَلأ الَّذِينَ
كَفَرُوا مِنْ قَوْمِهِ لَئِنِ اتَّبَعْتُمْ شُعَيْبًا إِنَّكُمْ إِذًا
لَخَاسِرُونَ (٩٠) فَأَخَذَتْهُمُ الرَّجْفَةُ فَأَصْبَحُوا فِي
دَارِهِمْ جَاثِمِينَ (٩١) الَّذِينَ كَذَّبُوا شُعَيْبًا كَأَنْ لَمْ
يَغْنَوْا فِيهَا الَّذِينَ كَذَّبُوا شُعَيْبًا كَانُوا هُمُ
الْخَاسِرِينَ (٩٢) فَتَوَلَّى عَنْهُمْ وَقَالَ يَا قَوْمِ لَقَدْ
أَبْلَغْتُكُمْ رِسَالاتِ رَبِّي وَنَصَحْتُ لَكُمْ فَكَيْفَ آسَى عَلَى
قَوْمٍ كَافِرِينَ (٩٣
Terjemah Surat Al A’raaf Ayat 88-93
88.
Pemuka-pemuka yang menyombongkan dari kaum Syu’aib berkata, "Wahai
Syu'aib! Pasti kami usir engkau bersama orang-orang yang beriman
bersamamu dari negeri kami, kecuali engkau kembali kepada agama kami[1].” Syu'aib berkata, "Apakah (kamu kamu hendak mengembalikan kami kepada agamamu), kendatipun kami tidak suka?"
89.
Sungguh, kami telah mengada-adakan kebohongan yang besar terhadap
Allah, jika kami kembali kepada agamamu, setelah Allah melepaskan kami
darinya. Dan tidaklah pantas kami kembali kepadanya, kecuali jika Allah,
Tuhan kami menghendaki[2]. Pengetahuan Tuhan Kami meliputi segala sesuatu[3]. Hanya kepada Allah kami bertawakkal[4]. Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak (adil)[5]. Engkaulah pemberi keputusan terbaik[6].”
90. Pemuka-pemuka dari kaumnya (Syu'aib) yang kafir berkata (kepada sesamanya)[7], "Sesungguhnya jika kamu mengikuti Syu'aib, tentu kamu menjadi orang-orang yang rugi[8].”
91. Lalu datanglah gempa menimpa mereka, dan mereka pun mati bergelimpangan[9] di dalam reruntuhan rumah mereka,
92.
Orang-orang yang mendustakan Syu'aib seakan-akan mereka belum pernah
tinggal di (negeri) itu. Mereka yang mendustakan Syu'aib, itulah
orang-orang yang sebenarnya merugi.
93. Maka
Syu'aib meninggalkan mereka seraya berkata, "Wahai kaumku! Sungguh, aku
telah menyampaikan amanat Tuhanku kepadamu dan aku telah menasihati kamu[10]. Maka bagaimana aku akan bersedih hati terhadap orang-orang kafir[11]?"
Ayat 94-95: Sunnatullah dalam bertindak terhadap setiap umat
وَمَا
أَرْسَلْنَا فِي قَرْيَةٍ مِنْ نَبِيٍّ إِلا أَخَذْنَا أَهْلَهَا
بِالْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ لَعَلَّهُمْ يَضَّرَّعُونَ (٩٤) ثُمَّ
بَدَّلْنَا مَكَانَ السَّيِّئَةِ الْحَسَنَةَ حَتَّى عَفَوْا وَقَالُوا
قَدْ مَسَّ آبَاءَنَا الضَّرَّاءُ وَالسَّرَّاءُ فَأَخَذْنَاهُمْ بَغْتَةً
وَهُمْ لا يَشْعُرُونَ (٩٥
Terjemah Surat Al A’raaf Ayat 94-95
94. Dan Kami tidak mengutus seseorang nabi pun[12] kepada sesuatu negeri, (lalu penduduknya mendustakan Nabi itu), melainkan Kami timpakan kepada penduduknya kesempitan[13] dan penderitaan[14] agar mereka tunduk dengan merendahkan diri[15].
95. Kemudian Kami ganti penderitaan itu dengan kesenangan[16] sehingga (keturunan dan harta mereka) bertambah banyak, lalu mereka berkata[17], "Sungguh, nenek moyang kami telah merasakan penderitaan dan kesenangan[18],” maka Kami timpakan siksaan atas mereka dengan tiba-tiba tanpa mereka sadari.
Ayat
96-102: Sunnatullah dalam memberikan hukuman kepada orang-orang yang
mendustakan para nabi, dan pentingnya takwa dalam kehidupan manusia
وَلَوْ
أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ
بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالأرْضِ وَلَكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ
بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ (٩٦) أَفَأَمِنَ أَهْلُ الْقُرَى أَنْ
يَأْتِيَهُمْ بَأْسُنَا بَيَاتًا وَهُمْ نَائِمُونَ (٩٧) أَوَأَمِنَ أَهْلُ
الْقُرَى أَنْ يَأْتِيَهُمْ بَأْسُنَا ضُحًى وَهُمْ يَلْعَبُونَ (٩٨)
أَفَأَمِنُوا مَكْرَ اللَّهِ فَلا يَأْمَنُ مَكْرَ اللَّهِ إِلا الْقَوْمُ
الْخَاسِرُونَ (٩٩) أَوَلَمْ يَهْدِ لِلَّذِينَ يَرِثُونَ الأرْضَ مِنْ
بَعْدِ أَهْلِهَا أَنْ لَوْ نَشَاءُ أَصَبْنَاهُمْ بِذُنُوبِهِمْ
وَنَطْبَعُ عَلَى قُلُوبِهِمْ فَهُمْ لا يَسْمَعُونَ (١٠٠) تِلْكَ الْقُرَى
نَقُصُّ عَلَيْكَ مِنْ أَنْبَائِهَا وَلَقَدْ جَاءَتْهُمْ رُسُلُهُمْ
بِالْبَيِّنَاتِ فَمَا كَانُوا لِيُؤْمِنُوا بِمَا كَذَّبُوا مِنْ قَبْلُ
كَذَلِكَ يَطْبَعُ اللَّهُ عَلَى قُلُوبِ الْكَافِرِينَ (١٠١) وَمَا
وَجَدْنَا لأكْثَرِهِمْ مِنْ عَهْدٍ وَإِنْ وَجَدْنَا أَكْثَرَهُمْ
لَفَاسِقِينَ (١٠٢
Terjemah Surat Al A’raaf Ayat 96-102
96.[19] Dan sekiranya penduduk negeri beriman[20] dan bertakwa[21], pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit[22] dan bumi[23], tetapi ternyata mereka mendustakan (para rasul), maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan.
97. Maka apakah penduduk negeri itu merasa aman dari siksaan Kami yang datang malam hari ketika mereka sedang tidur?
98. Atau apakah penduduk negeri itu merasa aman dari siksaan Kami yang datang pada siang hari ketika mereka sedang bermain?
99. Atau apakah mereka merasa aman dari siksaan Allah (yang datang tidak terduga-duga)[24]? Tidak ada yang merasa aman dari siksaan Allah selain orang-orang yang rugi[25].
100.[26]
Atau apakah belum jelas bagi orang-orang yang mewarisi suatu negeri
setelah (lenyap) penduduknya? Bahwa kalau Kami menghendaki pasti Kami
siksa mereka karena dosa-dosanya; dan Kami mengunci hati mereka sehingga
mereka tidak dapat mendengar (pelajaran)[27].
101. Itulah negeri-negeri (yang telah Kami binasakan) itu, Kami ceritakan sebagian kisahnya kepadamu[28]. Rasul-rasul mereka benar-benar telah datang kepada mereka[29]
dengan membawa bukti-bukti yang nyata (mukjizat). Tetapi mereka tidak
beriman (juga) kepada apa yang telah mereka dustakan sebelumnya[30]. Demikianlah Allah mengunci hati orang-orang kafir[31].
102. Dan Kami tidak mendapati kebanyakan mereka memenuhi janji[32]. Sebaliknya yang Kami dapati kebanyakan mereka adalah orang-orang yang benar-benar fasik[33].
[1] Mereka menggunakan kekerasan untuk melawan yang benar.
[2] Kehendak yang mengikuti ilmu dan hikmah (kebijaksanaan)-Nya.
[3] Termasuk pula tentang keadaan aku dan keadaan kamu.
[4]
Yakni kami bersandar kepada-Nya agar Dia meneguhkan kami di atas jalan
yang lurus, menjaga kami dari semua jalan yang mengarah kepada neraka,
karena barang siapa bertawakkal kepada Allah, niscaya Dia akan
mencukupkannya, memudahkan perkara agamanya dan dunianya.
[5]
Maksudnya, “Tolonglah orang yang teraniaya dan orang yang berada di
atas kebenaran terhadap orang yang zalim lagi menentang kebenaran.”
[6] Fath (keputusan) Allah kepada hamba-hamba-Nya mencakup dua hal:
a.
Keputusan dalam arti diterangkan ilmu, yakni diterangkan jalan yang
benar dari jalan yang batil, petunjuk daripada kesesatan, dan siapa yang
berada di atas jalan yang lurus dengan yang berada di atas jalan yang
bengkok.
b. Keputusan dalam arti pemberian
balasan dan hukuman kepada orang yang zalim, serta keselamatan dan
pemuliaan kepada orang-orang yang saleh.
[7] Memperingatkan yang lain agar tidak mengikuti Nabi Syu’aib ‘alaihis salam.
[8]
Mereka tidak mengetahui, bahwa kerugian yang sesungguhnya ketika tetap
berada di atas kesesatan dan menyesatkan yang lain, dan mereka akan
mengetahui siapa yang sesungguhnya rugi ketika azab menimpa mereka.
[9] Di atas lutut mereka.
[10] Namun kamu tidak mau beriman.
[11]
Kami berlindung kepada Engkau ya Allah dari kehinaan seperti ini.
Kerugian dan kesengsaraan manakah yang melebihi kerugian orang-orang
yang manusia terbaik (para nabi) berlepas diri daripadanya dan tidak
berduka cita terhadapnya.
[12] Yang mengajak manusia kepada Allah; menyembah hanya kepada-Nya dan mengerjakan kebaikan serta melarang semua keburukan.
[13] Yakni kemiskinan atau kesengsaraan.
[14] Seperti sakit dan berbagai bencana lainnya.
[15] Sehingga mereka beriman.
[16] Dengan memperbanyak rezeki, menyehatkan badan mereka serta menghindarkan musibah dari mereka.
[17] Sebagai tanda kufur kepada nikmat Allah.
[18]
Menurut mereka kesengsaraan, sakit dan musibah adalah hal yang biasa
sebagaimana menimpa pula kepada nenek moyang mereka sebelumnya, dan
bukan sebagai peringatan dan hukuman Allah, oleh karena itu mereka tetap
di atas sikap mereka.
[19]
Setelah Alah menyebutkan tentang orang-orang yang mendustakan para
rasul, bahwa mereka diuji dengan berbagai penderitaan dan musibah
sebagai peringatan bagi mereka, dan dengan kesenangan sebagai istidraj
(penangguhan) dan makar, Allah menyebutkan, bahwa penduduk negeri jika
mau beriman kepada para rasul serta menjauhi kufur dan kemaksiatan, maka
Alah menurunkan berkah dari langit dan bumi kepada mereka. Berdasarkan
ayat ini, jika amal yang naik kepada Allah adalah amal yang baik, maka
Allah Subhaanahu wa Ta'aala akan menurunkan kebaikan. Sebaliknya, jika
amal yang naik kepada Alah Ta’ala adalah amal buruk, maka Allah
Subhaanahu wa Ta'aala akan menurunkan keburukan pula kepada mereka.
[20] Kepada Allah dan rasul-Nya.
[21] Menjauhi kekufuran dan kemaksiatan.
[22] Seperti diturunkan hujan.
[23] Seperti ditumbuhkan tumbuh-tumbuhan.
[24] Yakni istidraj; penundaan azab dengan memberikan nikmat untuk sementara waktu, lalu azab datang secara tiba-tiba.
[25]
Syaikh As Sa’diy berkata, “Dalam ayat ini terdapat takhwif (menakutkan)
yang dalam agar seorang hamba tidak merasa aman dengan iman yang
dimilikinya, bahkan ia harus selalu memiliki rasa takut jika sekiranya
ia ditimpa cobaan yang mencabut keimanannya, dan hendaknya ia senantiasa
berdoa,
يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوْبِ ثَبّتْ قَلْبِي عَلَى دِيْنِكَ
“Wahai yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu.”
Serta
beramal dan berusaha melakukan setiap sebab yang dapat meloloskannya
dari keburukan ketika terjadi fitnah, karena seorang hamba kalau pun
tinggi keadaannya, namun tidak pasti tetap selamat.”
[26]
Dalam ayat ini Allah Subhaanahu wa Ta'aala mengingatkan umat-umat yang
baru agar memperhatikan umat-umat yang telah binasa dahulu, yakni agar
mereka tidak mengerjakan hal yang sama seperti yang dikerjakan umat
terdahulu yang binasa, karena Sunnatullah berlaku baik bagi orang-orang
yang tedahulu maupun yang kemudian, bahwa jika Dia menghendaki, Dia akan
membinasakan mereka karena dosa-dosanya, sebagaimana orang-orang
sebelum mereka.
[27]
Yakni ketika Allah mengingatkan mereka, namun mereka tidak mau
mengingatnya, memberi pelajaran kepada mereka namun mereka tidak mau
mengambil pelajaran, menunjukkan mereka, namun mereka tidak mau
mengikutinya sehingga Allah mengunci hati mereka dan mereka tidak dapat
mendengarkan lagi sesuatu yang bermanfaat bagi mereka. Mereka hanya
mendengar sesuatu yang merupakan penegak hujjah atas mereka.
[28]
Agar menjadi pelajaran, membuat orang-orang zalim berhenti dari
kezalimannya dan sebagai pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa.
[29] Mengajak kepada sesuatu yang membahagiakan mereka
[30]
Yakni karena pada awalnya mereka mendustakan sehingga mereka
mendustakan lagi setelahnya. Allah Subhaanahu wa Ta'aala berfirman,“Dan (begitu pula) Kami memalingkan hati dan penglihatan mereka seperti mereka belum pernah beriman kepadanya (Al Quran) pada permulaannya, dan Kami biarkan mereka bergelimang dalam kesesatannya yang sangat.” (terj. Al An’aam: 110)
[31] Sebagai hukuman bagi mereka, dan Allah tidaklah menzalimi mereka, akan tetapi merekalah yang menzalimi diri mereka sendiri.
[32]
Yakni tidak teguh memegang wasiat Allah yang diwasatkan-Nya kepada
semua manusia serta tidak tunduk kepada perintah-Nya yang disampaikan
melalui lisan para rasul-Nya.
[33]
Fasik artinya keluar dari ketaatan kepada Allah. Alah Subhaanahu wa
Ta'aala menguji manusia dengan mengutus rasul dan menurunkan kitab serta
memerintahkan mereka melaksanakan wasiat-Nya dan petunjuk-Nya, namun
tidak ada yang mengikutinya kecuali sebagian kecil di antara mereka,
sedangkan sebagian besarnya berpaling dari petunjuk, bersikap sombong
terhadap apa yang dibawa para rasul, sehingga Allah menimpakan
hukuman-Nya yang bermacam-macam .
Sumber dan referensi :
1. http://www.tafsir.web.id
Semoga bermanfaat apa yang admin tulis/bagikan ini . Jika ada kesalahan di post ini , silahkan memberitahu admin di kolom komentar di bawah ini . Terima Kasih
1. http://www.tafsir.web.id
Semoga bermanfaat apa yang admin tulis/bagikan ini . Jika ada kesalahan di post ini , silahkan memberitahu admin di kolom komentar di bawah ini . Terima Kasih
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon